Senin, 19 November 2018

MAHASISWA STMIK PRINGSEWU – PEDULI DAN BERBAGI

MAHASISWA STMIK PRINGSEWU – PEDULI DAN BERBAGI

IMG-15012018
STMIK PRINGSEWU – Senin (15/1), Sebanyak 31 mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu kelas Line 2 melaksanakan kegiatan “Peduli dan Berbagi”, kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan pengamalan nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila. Kegiatan tersebut didampingi secara langsung oleh dosen pengampu Pancasila, Sudewi, M.M.
IMG-15012018-01
Sudewi, M.M mengatakan, Let’s share and care, yang artinya marilah kita berbagi dan peduli. Hal ini mengandung makna bahwa dalam kehidupan hendaknya kita saling berbagi dan peduli dengan dan kepada orang lain. Berbagi tidak dapat dilepaskan dari peduli. Berbagi dan peduli ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.
Manusia merupakan makhluk yang didalam hatinya diberikan oleh Allah SWT kerinduan untuk senantiasa berbagi. Berbagi mengindikasikan pengorbanan dan kerelaan untuk memberi. Semakin banyak memberi, semakin tidak akan merasa kekurangan. Pengorbanan yang paling tinggi adalah dalam bentuk penyangkalan diri, yakni ketika yang dikorbankan adalah harga diri sendiri untuk meningkatkan harga diri orang lain. Disinilah keindahan berbagi daripada sekedar menerima.
IMG-15012018-02
Kegiatan ini mengajarkan kita untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih, dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan. Dalam kegiatan tersebut kita akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat. Kita sebagai manusia memliki kewajiban untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan tersebut juga membantu pembentukan sikap dan kepekaan sosial dari diri kita.
Sudewi menegaskan, sesuai dengan sila kedua, “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Sila ini menyorot nilai Kemanusiaan. Pada dasarnya, semua manusia itu sama. Sebagai mahasiswa kita harus berprinsip bahwa hakikat manusia itu sama dan tidak adanya perbedaan derajat maupun martabat. Karena persamaan inilah menuntut kita untuk saling menyayangi dan menghargai.
Sementara Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaa Nur Aminudinmengatakan, berbagi dan peduli termasuk dua perbuatan yang dapat dikategorikan sebagai implementasi dari sifat tolong-menolong, dan ini diperintahan Allah SWT dalam QS. Al-Maidah ayat 2: “….Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran…”.(*na)
Filed in: BEMInfo KampusInfo PentingUmum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar